Salam,

Anda dan saya sedang menjalankan gaya belajar yang berbeda. Kita nikmati saja situasi ini, yang penting tetap sehat dan tetap belajar. Manusia itu makhluk yang belajar. Kita bisa beradaptasi dengan situasi termasuk cara belajar ini. Apa pun itu, materi perkuliahan ini masih tetap asyik melalui daring. Fokus kita pada penulisan dan praktik penulisan.

Yang dipelajari pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia adalah ejaan, kalimat aktif, paragraf dan pengembangannya, argumentasi dan ekspositori, persuasi, pereferensian, penulisan makalah dan penyuntingan, serta penulisan artikel ilmiah. Materi itu akan bermanfaat ketika mahasiswa menyelesaikan tugas makalah dan penulisan karya ilmiah lain. Selain itu, mahasiswa dapat menggunakannya pada saat membuat penulisan kreatif untuk aneka produk dan jasa yang dikembangkan.

 

Capaian Pembelajaran

Mahasiswa mampu menggunakan kalimat efektif, mengungkapkan gagasan, mengembangkan gagasan, sesuai kaidah penggunaan bahasa Indonesia.

Mahasiswa mampu menyusun pereferensian, menyajikan dan menganalisis data untuk kepentingan penulisan karya ilmiah dan artikel ilmiah populer sesuai kaidah penggunaan bahasa Indonesia.

 

Bahan Ajar

Mahasiswa wajib memiliki Pedoman Ejaan Bahasa Indonesia (pdf). KBBI daring dimanfaatkan untuk mencari kosakata (https://kbbi.kemdikbud.go.id/), Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi Berbasis Pembelajaran Aktif (Aninditya Sri Nugraheni, 2017), Sintaksis: Memahami Satuan Kalimat Perspektif Fungsi (Miftahul Khairah dan Ridwan, 2014), Aspek Kebahasaan dan Pembelajarannya (Bambang Yulianto).

 

Pada setiap perkuliahan, mahasiswa dipersilakan mengunduh materi yang ada di Bella. Pembahasan dilakukan menggunakan Zoom. Pada setiap pertemuan selalu ada penugasan untuk mengukur kemampuan mahasiswa mempraktikkan materi. Mahasiswa dipersilakan berdiskusi di Forum jika diperlukan. Seluruh tugas akan diperiksa dan dikembalikan kepada mahasiswa. Karena mata kuliah ini berupa penulisan, maka pembahasan materi dapat dilakukan setiap saat jika mahasiswa memerlukan mengingat keterbatasan waktu berkuliah.

Mahasiswa dapat berkomunikasi melalui grup WhatsApp (08155009767) dan surel di endahimawati3@gmail.com.

 

Dr. Endah Imawati, M.Pd.