Dalam kurikulum Program Studi Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya, mata kuliah Kimia Organik disajikan dengan bobot 5 sks, dan didukung Praktikum Kimia Organik (semester III) dengan bobot 2 sks.

Mata kuliah Kimia Organik terbagi menjadi Kimia Organik I (3 sks) yang disajikan pada semester I dan Kimia Organik II pada semester II. Pada kuliah Kimia Organk I berisi materi tentang pemahaman hal yang mendasari ilmu Kimia Organik sebagai suatu senyawa karbon, tata nama senyawa organik, dasar reaksi organik, pengertian tentang nukleofil, elektrofil dan radikal bebas. Pemahaman tentang stuktur senyawa organik termasuk struktur ruangnya (struktur 3 dimensi). Selanjutnya dipelajari materi yang berkaitan dengan gugus fungsi, penggolongan senyawa organik berdasarkan gugus fungsinya, sifat fisis dan sifat kimianya.

Kuliah akan diberikan dengan metode ceramah, diskusi, latihan soal dan kuiz yang harus dikerjakan oleh mahasiswa setelah selesai kuliah.

Penilaian hasil belajar mahasiswa dihitung dari nilai kuiz mingguan (bobot 10%), nilai ujian tengah semester dan ujian akhir semester. Tugas terstruktur yang diberikan secara insidentil membantu penilaian dengan diperhitungkan bersama nilai kuiz.

Bobot penilaian :

Ujian Tengah Semester (40%) + kuiz/tugas sebelum UTS (10%)

Ujian Akhir Semester   (40 %) + kuiz/tugas sesudah UTS (10%)

Pustaka pokok yang digunakan adalah:

McMurry John (2012), Organic Chemistry, 8th Edition, Thomson Brooks Cole Publishing Co., USA